Home News PIB Panen Bawang Merah di Ngraho dan Begadon

PIB Panen Bawang Merah di Ngraho dan Begadon

245
0
SHARE
Panen Bawang Merah

Pusat Inkubasi Bisnis (PIB) Bojonegoro melakukan panen pada dua lahan uji coba bawang merah di Kecamatan Gayam, Kamis, 21 Oktober 2021. Kegiatan ini adalah bagian tindak lanjut dari pengaplikasian lahan dengan pupuk organik cair (POC) bioslury yang dibuat oleh kelompok tani binaan PIB Bojonegoro. Yakni bagian dari Program Dukungan Asosiasi usaha Masyarakat Tahun 2020 yang didukung oleh ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dan SKK Migas.
Manajer Program PIB Bojonegoro Arifin menyampaikan bahwa program lanjutan ini bertujuan untuk mengetahui hasil penggunaan POC bioslury pada bawang merah. Selain itu, kegiatan juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan petani dalam budi daya bawang merah. “Dan tentu untuk meningkatkan potensi budi daya bawang merah di kecamatan Gayam,” ungkapnya.
Uji coba ini dilakukan di dua tempat yang memiliki karakteristik lahan dan pola pengairan yang berbeda. Lokasi uji coba lahan pertama dilakukan di Desa Ngraho Kecamatan Gayam dengan kondisi pengairan yang terpenuhi dengan baik. Sedang di lokasi yang kedua berada di Desa Begadon Kecamatan Gayam kondisi pengairan yang cukup terbatas. “Dengan metode uji coba yang diterapkan, seluruh lahan menghasilkan panen yang memuaskan,” ujarnya.
Perwakilan EMCL Rifki Romadhon menyebut bahwa kegiatan panen bawang merah ini sebagai simbol tentang potensi pertanian di Kecamatan Gayam.(ADM)

SHARE

LEAVE A REPLY