Home News PIB Bojonegoro Bersama Petani Kembangkan POC Bio-slurry

PIB Bojonegoro Bersama Petani Kembangkan POC Bio-slurry

203
0
SHARE

Pusat Inkubasi Bisnis (PIB) Bojonegoro latih petani di Gayam untuk kembangkan produksi pupuk organik cair (POC) bio slurry. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula PIB Bojonegoro dalam Program Dukungan Asosiasi Usaha Masyarakat yang difasilitasi oleh ExxonMobil Cepu Limited, Jumat, 18 Juni 2021.

Hadir dalam pelatihan ini Camat Gayam Agus Heryana Panca Putra, perwakilan EMCL Rifqi Romadhon, Tim Ahli dari Yayasan Joglo Tani, dan diikuti oleh puluhan peserta anggota dampingan.

Koordinator Bidang Pelatihan PIB Bojonegoro Siswanto menyampaikan tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan dan produktifitas petani anggota dampingan dan mengembangkan jaringan pemasaran. “Serta terlaksananya kerjasama kelompok petani dampingan dengan Yayasan Joglo Tani sebagai ahli,”.

Perwakilan EMCL Rifqi Romadhon dalam kesempatan yang sama berharap pelatihan ini memberi dampak yang nyata terhadap kemajuan bidang pertanian. Ia berharap paska pelatihan para petani dampingan mampu untuk meningkatkan hasil pertanian dan memberi manfaat kepada petani lain melalui pembuatan pupuk cair. “Kami melihat ini adalah kebutuhan yang memang diharapkan masyarakat di Gayam,” Ujar Mas Rifqi panggilan akrabnya.

Sementara Camat Gayam dalam sambutannya mengapresiasi pelatihan dan inovasi bidang pertanian tersebut. Ia berpesan agar ke depan kelompok dampingan terus dibimbing agar memiliki kemampuan yang baik sehingga masalah-masalah pertanian yang selalu muncul dapat segera diatasi. Dengan memproduksi dan mengembangkan bio slurry yang dibimbing ahli akan menghasilkan dampak yang maksimal bagi petani. Keluhan tentang kekurangan pupuk untuk pertanian akan teratasi dengan produksi yang sesuai standar dan diawasi secara baik. “Misalkan dengan melibatkan pengecekan di labolatorium dan tim ahli,” pungkas Pak Agus.

Pelatihan dan pengembangan ini dimulai dengan kegiatan diskusi usaha, refleksi dan evaluasi sistem pertanian yang ada di Bojonegoro secara umum. Hingga, muncul potensi usaha yang bisa dikerjasamakan dengan Joglo Tani Yogjakarta yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman. Hasil pengembangan produksi berupa pupuk cair dan insektisida akan menjadi usaha kelompok tani dampingan.

Kegiatan akan dilanjutkan hingga hari Sabtu, 19 Juni 2021 dengan kegiatan pelatihan teknik pengembangan produksi pertanian pupuk organik cair bio slurry.(min)

SHARE

LEAVE A REPLY