Home News Lokakarya Pengelolaan BUMDes dan Pasar Desa Gayam

Lokakarya Pengelolaan BUMDes dan Pasar Desa Gayam

205
0
SHARE

Pusat Inkubasi Bisnis (PIB) Bojonegoro laksanakan lokakarya untuk pengurus BUMDes Gayam Mandiri dan pengelola Pasar Desa Gayam di Aula Karang Taruna Desa Gayam, Jumat, 9 April 2021. Kegiatan ini adalah bagian dalam Program Penguatan Kapasitas BUMDes Gayam dan Pasar Desa Gayam yang didukung SKK Migas dan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL).

Direktur PIB Bojonegoro, Ifa Jumrotun Naimah berharap dalam lokakarya ini agar muncul aturan terkait tata kelola BUMDes dan pasar desa yang telah diketahui dan diteliti oleh para pihak terkait. Ia menjelaskan bahwa dengan sinerginya seluruh pihak dalam mendorong peningkatan tata kelola manajemen ini akan menjadikan pengelolaan ke depan lebih matang dan sempurna. “Aturan yang dimaksud antara lain standar operasional prosedur (SOP), tata tertib untuk pengelola dan pedagang, aturan pelaporan keuangan dan lainnya,” ujar Ifa.

Akhmadi, Sekretaris Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Bojonegoro dalam paparannya menghimbau agar pengelola memperhatikan regulasi di tingkat kabupaten tentang penataan pasar tradisional. Ini merupakan petunjuk teknis mendasar agar seluruh kegiatan yang dilakukan oleh pengelola sesuai dengan aturan yang ada. Selain itu pengelola juga perlu memperhatikan faktor-faktor lain yang dapat muncul dan menghambat ketertiban di pasar. “Misalkan faktor keamanan dan lalu lintas,” tandasnya.

Sementara pejabat dari Dinas PMD Bojonegoro, Sutrisno menegaskan tentang pentingnya pengelola untuk secara rutin berkomunikasi dan berkoordinasi dengan petugas pendamping yang berkaitan dengan pengelolaan BUMDes dan unit usahanya. Selain itu, pengelola juga diharap senantiasa meminta arahan dari dinas terkait yang berhubungan dengan pengelolaan BUMDes dan pasar desa. “Termasuk dengan bidang atau bagian yang membawahi tentang penyusunan regulasi,” himbaunya.

Dalam kesempatan yang sama Perwakilan EMCL, Rifqi Romadhoni berharap agar upaya untuk menguatkan ekonomi masyarakat dalam bentuk dukungan revitalisasi Pasar Desa Gayam ini segera tuntas dan dapat berjalan dengan lancar. Setidaknya program yang telah dijalankan sejak 2018 tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat di Kecamatan Gayam. “Jadi mari kita dukung BUMDes dan Pasar Desa Gayam ini agar segera dapat beroperasi dan memberi manfaat yang nyata bagi masyarakat,” tandasnya.

Kegiatan ini diikuti oleh pejabat Pemdes Gayam, Pengurus BUMDes Gayam, Pengelola Pasar Desa Gayam dan Pendamping BUMDes dari DPMD Bojonegoro.(min)

SHARE

LEAVE A REPLY