Home News ExxonMobil Geber Program Usaha Produktif Berbasis Komoditas Unggulan

ExxonMobil Geber Program Usaha Produktif Berbasis Komoditas Unggulan

660
0
SHARE

Gayam – “Jangan malu untuk berwirausaha. Kami tidak memberikan uang cash, tapi kami memberikan ketrampilan sebagai bekal untuk menambah pendapatan rumah tangga. Inilah alasan kenapa kami membangun dan bekerja sama dengan PIB, agar masyarakat dapat belajar dan mengembangkan usaha,” papar Beta Wicaksono, Community Development Public and Goverment Affair ExxonMobil Cepu Ltd disela-sela pembukaan pelatihan kewirausahaan di ruang pelatihan PIB desa Ringin Tunggal Kec Gayam hari ini (13/02).
Untuk kesekian kalinya, ExxonMobil Cepu Ltd kembali menggelontorkan program ekonomi dengan menggandeng Pusat Inkubasi Bisnis (PIB) Bojonegoro. Kali ini program bertajuk “Pengembangan usaha produktif berbasis potensi komoditas unggulan”. Program ekonomi ini diproyeksikan untuk sekitar 200 rumah tangga penerima manfaat yang tersebar di Kecamatan Gayam Bojonegoro.
Ifa Jumrotun Naimah SPd, MMPdi Direktur PIB Bojonegoro mengungkapkan, program diawali dengan tahapan pra inkubasi bisnis. Tahapan ini ditandai dengan melakukan identifikasi potensi yang dapat dikembangkan menjadi komoditas unggulan disejumlah desa. “kami telah menyelesaikan focus group discussion, mengajak masyarakat berpartisipasi aktif untuk sama-sama membaca peluang dan potensi komoditas unggulan disetiap desa. Masyarakat juga telah berpartisipasi untuk menyampaikan apa jenis usaha yang ingin dikembangkan. Hasilnya, masyarakat ingin komoditas jamur tiram dan hortikultur,” jelas Ifa
Menurutnya, saat ini program sudah masuk dalam tahap awal inkubasi bisnis. Tahap ini dilaksanakan dengan bentuk kegiatan pelatihan, diantaranya pelatihan kewirausahaan dan pelatihan teknis budidaya. “pelatihan ini akan kami bagi dalam 20 kelas selama bulan februari,” pungkas Ifa.
Untuk tahap lanjutan inkubasi, akan ditandai dengan start up budidaya pasca pelatihan. Untuk memastikan mampu memulai usaha, peserta pelatihan juga akan dihubungkan dengan akses permodalan melalui asosiasi usaha yang telah didirikan sebelumnya dalam bentuk joint investmen atau modal penyertaan. Tidak hanya itu, untuk memastikan keberlanjutan usaha, PIB juga memberikan layanan mentoring budidaya hingga akses pemasaran.(sis/sam)

SHARE

LEAVE A REPLY