Home News PIB Latih Produksi Pakan Ikan di Lamongan

PIB Latih Produksi Pakan Ikan di Lamongan

489
1
SHARE
sambutan kepala Desa Mugli Kec Kali Tengah

JpegPusat Inkubasi Bisnis (PIB) Bojonegoro mendapat tempat dikalangan pelaku pembudidaya ikan di Lamongan. Setelah sebelumnya melatih pertanian organic, kini masyarakat Lamongan kembali mengundang PIB Bojonegoro. Pelatihan yang dipusatkan di Desa Mugli Kecamatan Kali Tengah Kabupaten Lamongan, ini difokuskan untuk materi produksi pakan ikan.
Arifin, Manager Riset dan Training PIB Bojonegoro mengaku sangat bangga dipercaya masyarakat Lamongan untuk memberikan pelatihan. Menurutnya, kegiatan ini merupakan langkah awal untuk membangun sinergi dengan semua potensi pengembangan usaha masyarakat yang mandiri. Harapanya, dengan pelatihan ini, para pelaku pembudidaya ikan tidak lagi bergantung pada pakan produksi pabrikan.
Sementara itu, Agus Hafids fasilitator pelatihan menjelaskan, peserta pelatihan diajarkan tentang karakteristik ikan berdasarkann jenis pakan, yakni ikan karnivora dan ikan herbivora. Sehingga peserta mampu memahami jenis pakan apa yang cocok untuk ikan yang dibudidayakan. Tidak hanya itu, peserta juga diajak berdiskusi tentang kandungan nutrisi pakan yang dibutuhkan untuk budidaya ikan.
Dalam pelatihan ini, peserta juga diajak memetakan potensi bahan baku yang tersedia untuk diolah menjadi pakan ikan alternative. Dengan bahan baku local yang tersedia, diharapkan para pembudidaya tidak lagi mengeluh dengan mahalnya harga pakan ikan pabrikan. Disesi akhir pelatihan, peserta diajak mempraktikan cara memproduksi pakan sekaligus membuktikan pakan apung layak untuk dikonsumsi ikan budidaya.(siadmin)

SHARE

1 COMMENT

LEAVE A REPLY