Home News ExxonMobil Amerika Tertarik Minilab PIB

ExxonMobil Amerika Tertarik Minilab PIB

496
0
SHARE

“very nice,” ujar Ben A Soraci, General Manager Public And Government Affairs ExxonMobil Corporation Irvin Texas, Amerika saat berkunjung ke mini laboratorium Pusat Inkubasi Bisnis (PIB) Bojonegoro, selasa (8/11). Hadir juga dalam kunjungan tersebut, Erwin Maryoto Vice President Public And Government Affairs ExxonMobil Cepu Ltd.

 

“kantor megah, beautiful,” guman Ben A Soraci saat tiba dihalaman kantor PIB Bojonegoro. Rombongan kunjungan disambut oleh Sigit Agustiyono Team Leader Bina Swadaya dan Ifa Jumrotun Naimah SPd MMPd, direktur PIB. Setibanya dikantor PIB, Ben A Soraci langsung diarahkan ke mini laboratorium untuk melihat uji fisik tanah dengan menggunakan teknologi sederhana.

 

Ben A Soraci melihat langsung riset fisik tanah yang terdiri dari uji aerasi tanah, uji tekstur tanah, uji kemampuan mengikat air dan uji kapiler atau daya resapan. Menariknya, seluruh proses riset tersebut menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Misalnya, uji aerasi tanah hanya cukup menggunakan botol air mineral bekas dan balon. Uji ini untuk memberikan rekomendasi kebutuhan unsur nitrogen dalam tanah, sehingga petani dapat memilih komposisi pupuk sesuai kebutuhan nitrogen dalam tanah.

dsc00560

Tidak hanya itu, di mini laboratorium ini juga dilakukan uji kapiler dan uji kemampuan mengikat air, yang juga menggunakan peralatan sederhana yakni botol air mineral bekas. Uji ini untuk memberikan rekomendasi kepada petani tentang komposisi penggunaan pupuk padat dan pupuk cair.  Tidak hanya itu, kunjungan juga melihat langsung pengembangan inokulan bakteri untuk dikembangkan menjadi F1 dan F2. Sejumlah inokulan bakteri yang dikembangkan tersebut diantaranya Trichoderma sp, Paenibacillus polymyxa, Metarizium dan Beuaveria Bassiana.  “Jadi, semua diteliti disini untuk memberikan pemahaman ke petani?” Tanya Erwin Maryoto sambil mendapatkan penjelasan tim tenaga ahli PIB Bojonegoro.

 

Usai mengunjungi mini laboratorium, Ben A Soraci juga melihat langsung proses pelatihan agrobisnis di ruang pelatihan PIB Bojonegoro. Pelatihan yang digelar selama sepuluh hari tersebut merupakan hasil kerja sama antara PIB Bojonegoro dengan Kementrian Ketenaga Kerjaan Republik Indonesia. (sis/min)

SHARE

LEAVE A REPLY